BERITA SEKOLAH

SMK Negeri 1 Tulung Rebut Juara 1 FKP 2017

Blog Single

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tulung, Klaten, Jateng berhasil menggondol juara 1 festival ketoprak pelajar (FKP) tahun 2017 yang diselenggarakan di aula Sekolah Dasar (SD) Kristen 3 Klaten, Kamis s/d Minggu (21 s/d. 24 Sept 2017)

Keberhasilan meraih juara umum FKP tahun 2017 sehingga SMK Negeri 1 Tulung berhasil memboyong piala bergilir Bupati Klaten, yang sebelumnya piala tersebut di  SMK Petrus Kanius Klaten. Dengan menampilkan ketoprak lakon Pedhut Jatisrana membawa SMK  Negeri 1 Tulung pada posisi juara 1 dalam FKP tahun 2017 ini.

Kepala SMK Negeri 1 Tulung Is Hardewi ketika ditemui di kantornya, Jumat (29/9/2017) mengatakan merasa bangga karena SMK Negeri 1 Tulung dapat memboyong Piala Bergilir Bupati Klaten dalam Festival Ketoprak Pelajar Kabupaten Klaten. Menurut Is Hardewi untuk mempersiapkan FKP tahun 2017 para siswa yang terlibat mementaskan Pedhut Jatisrana berlatih cukup ketat.  Sebelum berlatih tempuk gending, lanjut Is Hardewi, anak-anak latihan dengan membaca teks naskah cerita Pedhut Jatisrana. Perjuangan keras dalam latihan perlu dilakukan. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi siswa SMK yang sampai sore membutuhkan pembagian waktu yang cermat untuk latihan ketoprak. Keuntungannya, para siswa yang terlibat main ketoprak banyak yang mempunyai bakat main kesenian ketoprak. Para siswa yang rumahnya dari Desa Kayumas, Jatinom, dan dari desa wilayah Kecamatan Tulung banyak yang berbakat dalam seni teater.  Semuanya ini menurut Is Hardewi berkat pembinaan dari guru ekstra kesenian Bapak Sriyanta. Untuk latihan menggunakan gamelan atau karawitan, Sriyanta minta bantuan rekan-rekannya yang  bisa nabuh gamelan. Latihan menggunakan gamelan di sekolah sebanyak 3 kali, kemudian latihan tempuk gending di SD Kristen 3 Klaten 2 kali. Menurut Is Hardewi untuk  pentas di FKP siswa SMK Negeri 1 Tulung kebutuhan kostum siswa cari sendiri, dan make up sendiri.

Keberhasilan meraih juara umum FKP tahun 2017 ini Is Hardewi berniat akan mempertahankannya. Karena itu tiap tahun akan mengamati siswa-siswanya yang mempunyai bakat seni teater. Melalui kegiatan ekstra teater tiap minggu 1 kali menurut Is Hardewi dapat untuk mencari bibit yang berbakat seni main ketoprak. “Keberhasilan meraih juara pertama dalam FKP 2017 ini menjadi ikon yang membanggakan. Maka SMK Negeri 1 Tulung berjuang keras untuk mempertahankan sebagai juara 1 dalam  FKP,”ujar Is Hardewi penuh semangat. Ke depan dalam pementasan ketoprak akan mengangkat cerita rakyat dari Klaten. Ini sesuai dengan evaluasi yang disampaikan oleh tokoh seniman dari Klaten.

Ketua Komite SMK Negeri 1 Tulung Sriyono ketika mendampingi Is Hardewi menyatakan senang dan bangga atas keberhasilan SMK Negeri Tulung meraih juara 1 FKP.  Menurutnya kegiatan ekstra di SMK Negeri Tulung pesat dan pembangunan berjalan lancar. 

Share this Post: